Studi Kasus Manusia dan Kebudayaan yang Terjadi di Masyarakat Indonesia Sekarang

"By telling stories, we can convey universal values ​​that are recognized by each culture. So, various unique cultures can actually coexist harmoniously."

-Maisie Junard.


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
     Hai Sobat pena, kembali lagi bersama sang penulis yang akan membuka dunia beralur tentang, Manusia dan kebudayaan sekarang yang ada di Masyarakat Indonesia tercinta sekarang. 😍😍😎😎
 Gambar terkait
     Indonesia terkenal dengan keragaman budayanya. Manusia dan kebudayaan adalah satu hal yang tidak bisa di pisahkan karena dimana manusia itu hidup dan menetap pasti manusia akan hidup sesuai dengan kebudayaan yang ada di daerah yang di tinggalinya. Manusia merupakan makhluk sosial yang berinteraksi satu sama lain dan melakukan suatu kebiasaan - kebiasaan yang terus mereka kembangankan dan kebiasaan - kebiasaan tersebut akan menjadi kebudayaan. Setiap manusia juga memiliki kebudayaan yang berbeda - beda, itu disebab kanmereka memiliki pergaulan sendiri di wilayahnya sehingga manusia dimanapun memiliki kebudayaan yang berbeda masing - masing. 
    Indonesia merupakan suatu kepulaian yang memiliki keragaman budaya yang berbeda - beda, karena memiliki banyak suku yang berbeda - beda pula. Hal ini disebabkan karena Indonesia memiliki sejarah dimana masyarakat Indonesia berasal dari masyarakat dari seluruh penjuru dunia termasuk pribumi lokal.
   
    Masyarakat merupakan suatu kesatuan kehidupan sosial manusia yang menempati wilayah tertentu, yang keteraturannya dalam kehidupan sosialnya telah dimungkinkan karena memiliki pranata sosial yang telah menjadi tradisi dan mengatur kehidupannya. Pranata sosial disini dimaksudkan sebagai perangkat peraturan yang mengatur peranan serta hubungan antar anggota masyarakat, baik secara individu maupun secara kelompok.

Hasil gambar untuk manusia dan kebudayaan 
    Sedangkan Kebudayaan merupakan hasil budi daya manusia, Menurut Selo Sumarajan dan Sulaiman S. Kebudayaan yaitu sebagai semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Karya manusia menghasilkan teknologi dan kebudayaan, sedangkan rasa mewujudkan segala norma dan nilai untuk mengatur kehidupan dan selanjutnya cipta merupakan kemampuan berpikir kemampuan mental yang menghasilkan filsafat dan ilmu pengetahuan.


    Seperti yang telah kita ketahui bahwa perbedaan itu adalah hal yang biasa bagi manusia, karena setiap manusia memiliki sifat yang beragam walaupun kembar identik sekalipun. Maka dari itu, perbedaan bukanlah hal yang menjadi penghalang bagi manusia untuk saling mengenal. Perbedaan adalah hal yang sudah menjadi ketetapan Allah SWT yang tidak dapat dirubah lagi. Fungsinya masih menjadi sebuah misteri bagi manusia itu sendiri.

    Kebudayaan Indonesia berasal dari tata krama, sifat, dan pribadi masing - masing kelompok besar manusia yang disebut masyarakat. Kebudayaan dapat dinyatakan sebagai hasil karya masyarakat yang telah mendarah daging dan turun temurun selama banyak generasi berlalu, bahkan menjadi aturan tak tertulis dalam masyarakat, yang mana apabila dilanggar maka orang tersebut akan mendapat hukuman dari pemimpin adat dalam masyarakat tersebut.

Hasil gambar untuk culture shock
  Kebudayaan pada lingkungan masyarakat berbeda - beda, tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah karena mungkin bagi kita budaya yang kita anut itu benar, akan tetapi menurut orang lain itu tidak benar. Sehingga apabila kita berada di lingkungan yang memiliki budaya yang berbeda, maka akan terjadi yang namanya culture shock dimana orang akan merasa canggung dengan budaya yang dimiliki lingkungan barunya tersebut.


Gambar terkait
     Sekarang banyak Kebudayaan Indonesia yang sudah ditinggalkan, alasannya antara lain karena sudah ketinggalan zaman, sudah tidak berlaku lagi untuk kehidupan sekarang, dll. Padahal budaya Indonesia memiliki kesenian dan keindahan tersendiri yang mana mencerminkan identitas masyarakat itu sendiri. Memang ada beberapa budaya yang buruk pada masa lalu, dan yang seperti itu memang harus ditinggalkan, akan tetapi budaya yang bagus seharusnya perlu dilestarikan agar identitas bangsa tetap terjaga, dan tidak terpengaruh oleh asimilasi budaya luar yang menurut kita lebih buruk dari yang sekarang.



HUBUNGAN ANTARA MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Secara sederhana hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah : manusia sebagai perilaku kebudayaan, dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia. Tetapi apakah sesederhana itu hubungan keduanya ?
Hasil gambar untuk hubungan manusia dan kebudayaan
  Dalani sosiologi manusia dan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal, maksudnya bahwa walaupun keduanya berbeda tetapi keduanya merupakan satu kesatuan. Manusia menciptakan kebudayaan, clan setclah kebudayaan itu tercipta maka kebudayaan mengatur hidup manusia agar sesuai dcngannya. Tampak baliwa keduanya akhimya merupakan satu kesatuan. Contoh sederhana yang dapat kita  lihat adalah hubungan antara manusia dengan peraturan - peraturan kemasyarakatan. 
Pada saat awalnya peraturan itu dibuat oleh manusia, setelah peraturan itu jadi maka manusia yang membuatnya hams patuh kepada peraturan yang dibuatnya sendiri itu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa manusia tidak dapat dilepaskan dari kebudayaan, karena kebudayaan itu merupakan perwujudan dari manusia itu sendiri. Apa yang tercakup dalam satu kebudayaan tidak akan jauh menyimpang dari kemauan manusia yang membuatnya.
Dari sisi lain, hubungan antara manusia dan kebudayaan ini dapat dipandang setara dengan hubungan antara manusia dengan masyarakat dinyatakan sebagai dialektis, maksudnya saling terkait satu sama lain. Proses dialektis ini tercipta melalui tiga tahap yaitu :
Hasil gambar untuk Ekstemalisasi

1. Ekstemalisasi, yaitu proses dimana manusia mengekspresikan dirinya dengan membangun dunianya. Melalui ekstemalisasi ini masyarakat menjadi kenyataan buatan manusia


Gambar terkait


2. Obyektivasi, yaitu proses dimana masyarakat menjadi realitas obyektif, yaitu suatu kenyataan yang terpisah dari manusia dan berhadapan dengan manusia. Dengan demikian masyarakat dengan segala pranata sosialnya akan mempengaruhi bahkan membentuk perilaku manusia.

http://blog.unnes.ac.id/fafarikhah/wp-content/uploads/sites/265/2015/12/karakter2.jpg3. Intemalisasi, yaitu proses dimana masyarakat disergap kembali oleh manusia. Maksudnya bahwa manusia mempelajari kembali kemasyarakatannya sendiri agar dia dapat hidup dengan baik, sehingga manusia menjadi kenyataan yang dibentuk oleh masyarakat.


   Apabila manusia melupakan bahwa masyarakat adalah ciptaan manusia, dia akan menjadi terasing atau tealinasi (Berger, dalam terjemahan M.Sastrapratedja, 1991; hal : xv)
Manusia dan kebudayaan, atau manusia dan masyarakat, oleh karena itu mempunyai hubungan keterkaitan yang erat satu sama lain. Pada kondisi sekarang ini kita tidak dapat lagi membedakan mana yang lebih awal muncul manusia atau kebudayaan. Analisa terhadap keberadaan keduanya hams menyertakan pembatasan masalah dan waktu agar penganalisaan dapat dilakukan dengan lebih cermat.

Demikian disampaikan, sekian dan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
sumber reverensi:
http://masyarakatdankebudayaan.blogspot.com/2014/12/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
http://vanillabluse.blogspot.com/2014/05/makalah-manusia-dan-kebudayaan.html
https://www.academia.edu/22609010/Hubungan_Manusia_dan_Kebudayaan_ISBD
http://blog.contentcollision.co/cmk-kalimat-pembuka-blog/




 
 

Comments

Popular posts from this blog

Pendiri Nahdlatul Ulama (NU)

Pemanfaatan Multimedia Dalam Bidang Pendidikan Teknik Elektro