Pemanfaatan Multimedia Dalam Bidang Pendidikan Teknik Elektro

 MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF VISUAL MACROMEDIA FLASH SEBAGAI MODUL PERKULIAHAN MOTOR LISTRIK ARUS BOLAK BALIK


  Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi pendidikan dalam proses belajar mengajar. Pengaruh perkembangan tersebut tampak jelas dalam upaya-upaya pembaharuan sistem pendidikan dan pembelajaranPembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik atau pengajar dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar

   Macromedia Flash Player 8 merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat sebuah animasi. Program ini dapat menampilkan informasi yang berupa tulisan, gambar, animasi, sehingga siswa/peserta didik dapat lebih tertarik dalam mengikuti pelajaran mata kuliah motor listrik arus bolak balik.

  Media pembelajaran sangat penting bagi Program Studi Teknik Elektro, karena setiap pembelajaran tidak hanya teori namun juga praktik. Salah satu mata kuliah yang tidak hanya teori dan membutuhkan media pembelajaran adalah mata kuliah motor listrik arus bolak balik. Kurangnya media pembelajaran pada mata kuliah motor listrik arus bolak balik di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, mendorong penulis untuk membuat media pembelajaran guna menambah pembelajaran agar lebih mudah penyampaian dan memahami bagi peserta didiknya.

   Dalam penelitian ini peneliti memiliki temuan yaitu dalam pembuatan media pembelajaran menggunakan software macromedia flash player 8 perlu diperhatikan dan konsentrasi dalam pembuatan skema yang telah dibuat, terutama dalam memberikan link pada media pembelajran. Karena link seperti alamat bila salah memasukkan link maka media yang dibuat tidak bisa sesuai yang diinginkan.

    Prinsip Kerja dari media pembelajaran ini adalah pemberian link yang sesuai agar dapat berjalan dengan tahap perencanaan . Jadi fungsi link ini adalah menghubungkan antara frame satu ke frame yang lain sehingga dapat terkoneksi dengan baik. Disaat kita klik salah satu link maka secara otomatis terhubung dan terkoneksi dengan frame yang telah dihubungkan pada tahap pembuatan oleh peneliti.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro IKIP PGRI Madiun, maka dapat disimpulkan:

  1. Harus menyesuaikan dengan media pembelajaran dengan Silabus dan SAP yang berlaku dan kemudahan menerima media pembelajaran tersebut. 

  2. Tahapan proses awal hingga akhir pembuatan media pembelajaran yaitu: 
    a. Tahap pembuatan layer tampilan.
    b. Tahap pengisisan data (teks dan gambar).
    c. Tahap pemberian link.

  3. Dalam perencanaan ini peneliti membuat perencanaan ini mengumpulkan beberapa data yang dibutuhkan untuk pembuatan media pembelajaran, diantaranya data tersebut yaitu Silabus, SAP, dan Materi mata kuliah. Setelah data yang terkumpul peneliti melakukan perancangan konsep dan sketsa secara manual agar bisa diterima dan dipahami. Kemudian tahap selanjutnya pembuatan media pembelajaran ini dengan menggunakan software macromedia flash player 8.

    Dari hasil pembuatan media pembelajaran pada mata kuliah motor listrik arus bolak balik menggunakan software macromedia flash player 8 dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil media pembelajran ini berjalan baik dan sesuai yang diharapkan. Hal ini terlihat dari tahap pengujian yang dilakukan di depan tim ahli dan dosen pengampu, bahwa media pembelajaran yang dibuat sesuai dengan Silabus dan SAP (Satuan Acara Perkuliahan). 

    Selain itu media pembelajaran ini berjalan mulus dan baik tanpa ada kendala atau tanpa adanya kesalahan dalam pemberian link. Dengan demikian media pembelajaran mata kuliah motor listrik arus bolak balik menggunakan software macromedia flash player 8 siap digunakan untuk tahun ajaran 2016/ 2017. 


SUMBER : http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JUPITER/article/viewFile/1020/908




Comments

Popular posts from this blog

Pendiri Nahdlatul Ulama (NU)